PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI PENGENALAN MAKHORIJUL HURUF PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE SOROGAN

Uswatun Hasanah* -  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Indonesia
Sefta Dwi Setia -  IAIN Metro, Indonesia
Isti Fatonah -  IAIN Metro, Indonesia
Much Deiniatur -  IAIN Metro, Indonesia

DOI : 10.35673/ajdsk.v6i2.1133

Penelitian ini berfokus pada bagaimana aplikasi metode sorogan dalam pembelajaran membaca makharijul huruf dan apakah ada peningkatan kemampuan membaca makharijul huruf setelah menggunakan Metode Sorogan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research). Adapun hasil dari penelitian ini yaitu Penerapan metode sorogan dilaksanakan dengan cara berkelompok dan peserta didik mengalami peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui pengenalan makhorijul huruf melalui metode sorogan. Penelitian ini berdampak pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Peserta didik belajar membaca Al-Qur’an dengan mudah melalui metode sorogan.

 

Kata Kunci: Hijaiyah, Makhorijul Huruf, Metode Sorogan

 

  1. Anjani, Rezza Yuli, dan H. Tasdiq. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak TPQ Al-Hidayah 1 Dusun Tugasari.” Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (15 Februari 2019): 28–33. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i1.555.
  2. Fauzan, Muchamad. “Upaya Pembangunan Karakter Mahasiswa STAIN Pekalongan,” t.t., 24.
  3. Halim, A. Adibudin Al, dan Wida Nurul ‘Azizah. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Qo’idah Baghdadiyah Ma’a Juz ’Amma (Turutan) di Kelas 1A MI Ma’arif NU 01 Tritihkulon Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Tawadhu 2, no. 1 (18 Oktober 2018): 490–504.
  4. Jamaludin, Jamaludin, Muhammad Sarbini, dan Ali Maulida. “Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pada Santri Tingkat Wustho Di Pondok Pesantren Al-Muslimun Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur Tahun 2019.” Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (16 September 2019): 124–34. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.535.
  5. Mukroji, Mukroji. “Hakekat Pendidik Dalam Pandangan Islam.” Jurnal Kependidikan 2, no. 2 (2014): 15–29. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.550.
  6. Musodiqin, Muhammad, Difla Nadjih, dan Taufik Nugroho. “Implementasi Sorogan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 7, no. 1 (14 Juni 2017): 59–71.
  7. Nur Handayani, Iys, dan Suismanto. “Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak.” Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3, no. 2 (Juni 2018).
  8. Nurjanah, Lia. “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantrenal-Hikmah Kedaton Bandar Lampung.” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2018. http://repository.radenintan.ac.id/4427/.
  9. Prana D. Iswara3. “Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Keterampilan Mendengar dan Membaca” 3, no. 1 (1 Maret 2016). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359.
  10. Rodiah, Rodiah. “Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Kab. Kepahiang Provinsi Bengkulu.” Jurnal Literasiologi 1, no. 1 (2018): 22–22.
  11. Sugiati, Sugiati. “Implementasi Metode Sorogan Pada Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Pondok Pesantren.” QATHRUNÂ 3, no. 01 (11 Desember 2016): 135–60.
  12. Tamami, Badrut. “Pelatihan Membaca Al-Qur’an Yang Baik Dan Benar Melalui Metode Qira’ati.” Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS 2, no. 1 (2 Juni 2016). https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v2i1.374.
  13. Ulum, Mokhamad Miptakhul. “Metode Membaca Kitab Kuning Antara Santri Dan Mahasiswa.” Islamic Review : Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 7, no. 2 (27 November 2018): 120–36. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i2.141.
  14. Utami Putri, Nurul Choirunnisa. “Partisipatory Action Research.” Jakarta: Universitas Islam As-Syafi’iyyah, 2010.
  15. Wakka, Ahmad. “Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran.” Education and Learning Journal 1 (28 Januari 2020): 82. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.43.
  16. Wibowo, Ari. “Implementasi Metode Sorogan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Islamiyah.” Iqro’ Khatulistiwa 1, no. 1 (7 September 2016). http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/IKH/article/view/262.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-12-28
Published: 2020-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 116 165