Potensi Kreatif dan Pengukurannya dari Perspektif Psikologi

M Aziz Rizki* -  Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia
Ruslana Ruslana -  Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia
Wiwit Artika -  Universitas Syiah Kuala, Aceh

DOI : 10.35673/ajdsk.v6i2.1131

Potensi adalah kemapuan atau dasar pengetahuan yang dimiliki oleh seorang individu yang bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Kreativitas ialah kemampuan individu dalam menyelesaikan maslah dengan menemukan ide ataupun gagasan yang baru dari unsur yang sudah ada sebelumnya. Kajian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang potensi individu yang sudah ada sejak lahir agar bisa dikembangkan untuk kepentingan semua orang dengan ide ide kreatifnya. Metode yang digunakan ialah kajian pustaka dari sumber yang relevan yang berkaitan dengan potensi bakat. Pembahasan pada penelitian ini didasari pendapat para ahli dan hasil penelitian terdahulu tentang potesi kreatif dan pengukuranya.

Kata Kunci: Potensi; Kreatif; bakat

 

  1. Bono, E De. Revolusi Berpikir. Bandung. PT. Mizan Pustaka. 2007.
  2. Rothenberg, A dan Janusian, proses artikulasi homospasial dan sepconic. Di MA Runco & SR Pritzker (Eds.) Ensiklopedia kreativitas ( 2nd Ed.) (Vol 2: hal. 1-9). New York. Elsevier. 2011.
  3. Adobe. Hambatan kreativitas dalam Pendidikan: Pendidik dan orang tua menilai sistem. Adobe publikasi. 2013.
  4. Baer, J, McKool, S., & Schreiner, CS. Menilai kreativitas menggunakan teknik penilaian konsensual. Buku pegangan penelitian tentang metode dan aplikasi teknologi penilaian dalam pendidikan tinggi . Hershey. PA. IGIGlobal. 2009.
  5. Berman, S & Korsten, P. Memanfaatkan kompleksitas: Wawasan dari chief executive officer global belajar. Somers, NY: IBM. 2010.
  6. Caroff, X & Lubart, TI. Pendekatan multidimensi untuk mendeteksi potensi kreatif dalam manajer. Jurnal Penelitian Kreativitas. 24 (1). Tahun 2012.
  7. Feist, GJ. Sebuah meta-analisis kepribadian dalam kreativitas ilmiah dan artistik. Kepribadian dan Sosial Ulasan Psikologi, 2 (4). 1998.
  8. Gagné, F, Mengubah hadiah menjadi bakat: DMGT sebagai teori perkembangan 1. Studi Kemampuan Tinggi. 15 (2). 2004.
  9. Lubart, TI, Besançon, M., & Barbot, B, Evaluasi du Potentiel Créatif (EPoC). (Tes psikologi et Manuel) . Paris: Edisi Hogrefe Prancis. (Versi Bahasa Inggris: Evaluasi potensi kreatif: Tes dan Manual. 2011.
  10. Moeliono, Anton M. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka Jakarta. 2007.
  11. Munandar, Utami. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta. Rineka Cipta. 2009.
  12. Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta. 2012.
  13. Prabhu, VP. Mengambil resiko. Di MA Runco & SR Pritzker (Eds.) Encyclopedia kreativitas (2 nd Ed.) (Vol 2; pp.319-323). New York: Elsevier. 2011.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-12-28
Published: 2020-12-31
Section: Articles
Article Statistics: 94 74