Menguji Kekuatan Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiwa
DOI:
https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.486Keywords:
learning style, learning outcomes, gaya belajar, hasil belajarAbstract
This study aims to determine the learning styles of students at the IAIN Bone Sharia Economics Study Program and to determine the relationship between learning styles with student learning outcomes at the IAIN Bone Sharia Economics Study Program. This research is a field research using a quantitative approach. The sample in this study was 2017 students of Islamic Economics Study Program totaling 144 students, the sampling technique used was the total sampling method that is all subjects who were students of 2017 Islamic Economics Study Program Faculty of Economics and Islamic Business IAIN BONE. The instrument used was a scale of learning styles, the data collected were analyzed using quantitative descriptive analysis techniques with percentages, and Product Moment Correlation. The results of research on the relationship between learning styles with student learning outcomes in the IAIN Bone Sharia Economics Study Program, namely students of the fourth semester of Islamic Economics Study Program have different learning styles, namely Visual learning styles of 83 students or 57.6%, audio learning styles of 21 students or 14.6%, while kinesthetic learning styles are 40 students or 27.8%, and there is a positive and significant relationship between learning styles with student learning outcomes in the IAIN Bone Sharia Economics Study Program, the correlation coefficient of learning styles to learning outcomes is 0 , 43 and in the medium category.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar mahasiswa pada Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Bone dan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar Mahasiswa pada Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Bone. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi ekonomi syariah angkatan 2017 yang berjumlah 144 mahasiswa, Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode total sampling yaitu semua subyek yang merupakan mahasiswa prodi ekonomi syariah angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN BONE. Instrumen yang digunakan adalah skala gaya belajar, data yang dikumpulkan dianalisisi menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase, dan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian mengenai hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Bone, yaitu mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah semester IV memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, yaitu Gaya belajar Visual sebanyak 83Â mahasiswa atau 57.6%, gaya belajar audio sebanyak 21 mahasiswa atau 14,6%, sedangkan gaya belajar kinestetik sebanyak 40 mahasiswa atau 27,8%, dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Bone, koefisien korelasi gaya belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,43 dan masuk dalam kategori sedang.
References
Adi Gunawan, Genius Learning Strategi Petunjuk Proses Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar Jakarta: Prenadamedia Group, 2013
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012
Arylien Ludji, Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa, Jurnal Kependidikan Vol 44, no 2.
Ardhani Akhmad tentang “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fiqh Siswa MAN Pakem Sleman Yogayakarta, Skripsi 2017
Dalyono. M, Psikologi Pendiddikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2007
Devi Kartika Saragih, Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI 3 Sidoarjo. Jurnal, Vol 2 no. 1, 2014
Dewi Hastarini, Hubungan Gaya Belajar dan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD se-kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta. Jurnal
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
Hariyanto dan Suyono, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
I Wayan Aryawan, Hubungan gaya belajar dengan Prestasi Belajar IAD pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa indonesia dan daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra, Jurnal vol 7, no. 1, 2017
Melvin L. Siberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nuansa Cendikia, 2014
Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Nana Sujana, Penilaian Hasil Belajar. Bandun: Rossda Karya, 2009
Nasution, Berbagai pendidikan dalam proses belajar mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009
Popi Sopiatin dan Sohari Sahrani, Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011
Ricki Linksman, Cara Belajar Cepat, (Semarang: Dahara Prize, 2004
Sukmadinata. N.S, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Slameto Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012
Suharsimi Arikunta, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Cet. XII. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013
Tim Penyusunan Kamus Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
Uno B, hamzah, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT, Bumi Aksara, 2008
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.





